Rabu, 16 Februari 2005

Airlangga Hartarto Terpilih Sebagai Ketua AEI

[DETIK DOTCOM] - Musyawaran Nasional Asosiasi Emiten Indonesia (Munas AEI) akhirnya memilih Ir H Airlangga Hartarto MMT MBA sebagai ketua AEI untuk periode 2005-2008. Airlangga unggul 4 suara dari pesaingnya Edwin Kawilarang.

Dalam Munas yang berlangsung di Hotel Grand Hyat, Jakarta, Rabu (16/2/2005), dari jumlah suara yang dihitung sebanyak 251 suara, Airlangga berhasil memperoleh 126 suara dan Edwin Kawilarang 122 suara dengan suara tidak sah 2 suara.

Airlangga mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan meminta pemerintah untuk mempercepat UU Pasar Modal. Selain itu pengurus AEI yang baru akan mendengarkan kebutuhan para anggotanya baik menyangkut kebijakan pemerintah maupun dari otoritas bursa.

Selain itu AEI juga akan minta insentif pemerintah untuk kemajuan pasar modal Indonesia. "Kita berharap kebijakan yang dibuat pemerintah Indonesia jangan mendistrosi kepentingan pasar karena pasar itu sangat independen dan dibutuhkan transparansi dan penegakan hukum yang kuat," papar Airlangga.

Mengenai masalah e-reporting yang banyak dikeluhkan emiten, Airlangga menjelaskan hal itu juga akan menjadi prioritas pengurus AEI yang baru. "Sebenarnya e-reporting itu positif, namun harus dibicarakan lagi supaya ada titik temu," tegasnya.

Untuk pembuatan UU pasar modal, Airlangga mengatakan, sesuai dengan yang dijanjikan DPR dalam waktu 1 tahun UU itu selesai.

Sementara pengamat pasar modal Dandossi Matram mengatakan, kebanyakan emiten yang memilih Airlangga adalah emiten independen serta perusahaan BUMN karena ada pengaruh dari Bacellius Ruru yang mencalonkan sebagai calon Dewan Penasehat dari kubu Airlangga.

Dandossi berharap AEI terus menjadi organisasi yang kritis baik kepada pemerintah maupun terhadap kebijakan bursa.

Airlangga Hartarto, pria kelahiran Surabaya 1 Oktober 1962 merupakan anak dari mantan Perindustrian dan perdagangan era Soeharto Ir Hartarto. Jebolan Teknik Mesin UGM ini sekarang tercatat sebagai anggota DPR. Airlangga merupakan adik Gunadarma Hartarto, ketua AEI sebelumnya yang telah meninggal dunia tahun lalu.

Sejumlah jabatan yang disandang Airlangga diantaranya adalah Komisaris PT Sorini Corporation tbk, Preskom PT Polypet Karyapersada dan Presdir PT Polyprima Karyareksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar